Pages

Wednesday, March 7, 2012

TEH HITAM KURANGI HIPERTENSI

Minum tiga gelas teh hitam tiap hari mungkin bisa menurunkan tekanan darah, ungkap sebuah penelitian. Para ilmuwan dari Universitas of western Australia dan uniever mendasari temuan mereka pada khasiat minuman teh hitam. Dampak meminum teh dengan susu belum diketahui. “ada bukti yang kuat bahwa teh itu baik untuk kesehatan jantung, dan penemuan ini penting karena menunjukkan hubungan antara teh dan satu factor utama penyakit jantung.” Kata Prof Jonathan Hodgson seperti dikutip daily mail. 

Pengukuran tekanan darah terdiri dari dua angka. Pertama adaah sistolik dan pengukur tekanan darah ketika jantung berdetak atau kontraksi untuk mendorong darah ke seluruh tubuh. Yang kedua adalah diastolic yang mengukur jumlah tekanan antar detak, ketika jantung beristirahat. Dalam penelitian itu, 95 orang austraia yang berusia antara 35dan 75 tahun diminta untuk meminum tiga gelas teh hitam atau sebuah placebo dengan rasa yang sama dan mengandung kafein tetapi tidak diperoeh dari teh. 

Para peneiti merekam jejak mereka setelah enam bulan dan menemukan bahwa dibandingkan dengan kelompok placebo, partisipan yang meminum teh hitam memiliki sistolik yang rendah dan tekanan darah diastolic antara 2 dan 3 mmHG (Milimeter merkuri).

Mereka mendapati, penurunan 2 hingga 3 mmHG tekanan darah pada peserta berarti penurunan hingga 10% tekanan darah pada bagian besar yang mengidap hipertensi dan penyakit jantung. “sebagian besar masyarakat umum memiliki tekanan darah seperti daam uji coba ini. Jadi hasil uji coba ini bisa diterapkan kepada individu yang punya resiko besar pada hipertensi,” tambah hodgson. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam archieves of internal medicine.

No comments:

Post a Comment