Pages

Sunday, May 6, 2012

KELEMAHAN OBAT MODERN ATAU OBAT KIMIA

Hasil teknologi yang sebelumnya diagung - agungkan sebagai hasil terobosan besar dalam peradapan manusia ternyata tidak sepenuhnya berdampak positif. Sering kali hasil teknologi cangih justru menimbulkan akses dan dampak negative. Dalam industry farmasi misalnya, obat obat kimia yang banyak diproduksi perusahaan farmasi dengan teknologi modern, diyakini banyak menimbulkan dapak negative bagi kesehatan. Ini terkait dengan pengunaan ungsur – ungsur kimia yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa kelemahan dari obat kimia.

a.     Memiliki efek samping
Obat obat kimia pada dasarnya merupakan racun. Oleh karena itu, membawa efek bagi tubuh. Efek samping dari obat kimia dapat berupa efek samping lansung maupun tidak langsung atau terakumulasi. Hal ini terjadi karena karena bahan kimia bersifat anargonik dan kompleks. Oleh karena itu, bahan bahan kimia bukan bahan yang benar – benar cocok bagi tubuh. Pengunaan bahan kimia sebagai obat bagi tubuh mungkin tidak dapat dihindari, sehingga harus digunakan secara terbatas, yang dapat diterima dan ditoleransi oleh tubuh.

b.     Sering Kurang Efektif untuk Penyakit Tertentu
Beberapa penyakit memang belum ada obatnya. Obat yang ada hanya bersifat siptomatik dan harus diminum seumur hidup. Beberapa penyakit juga belum diketahui penyebabnya. Pasien umumnya diberi obat yang hanya mengurangi rasa sakit tapi tidak dapat menyembuhkan penyakit.

c.     Harga Yang Bahal Karena Faktor Impor
Obat - Obat kimia  umumnya mahal dan tidak terjangkau oleh masyarakat pada umumnya. Apalagi obat untuk penyakit – penyakit yang tergolong berat. Salah satu penyebabnya adalah hampir semua obat kimia yang kita gunakan berasa dari luar negeri. Hal ini terjadi karena untuk menghasikan obat, dibutuhkan teknologi tinggi, biaya investasi yang tinggi, dan waktu penelitian yang panjang. Bahan mahal yang diimpor terdiri atas bahan jadi, bahan baku obat, bahan pengemas obat, teknologi, peralatan dan mesin – mesin, tenaga ahli dan tenaga terampil. Tingginya harga juga terjadi karena impor mengunakan mata uang asing yang berfluktuasi sesuai kurs.

Demikian ulasan sederhana dari saya semoga bermanfaat dan bersama sama marilah kita jaga ekosistem lingkungan kita dan juga kesehatan dengan mengunakan prodak prodak herbal hasil dari kekayaan alam negeri kita sendiri.

No comments:

Post a Comment