Pages

Wednesday, May 9, 2012

MANFAAT BUAH JAMBU AIR

Jambu air terlalu sering kita jumpai di daerah kita, jambu air biasanya di tanam di pekarangan rumah sebagai pohon peneduh dan juga sebagai buah yang dikonsimsi. Diperkirakan buah Jambu air berasal dari daratan asia, yaitu tepatnya berasal dari Cina dan Indonesia. Dari pertumbuhannya jambu air dapat dikatakan termasuk tumbuhan yang dapat tumbuh subur di daerah tropis. Kemudian lambat taun tanaman jambu air merambah ke Malaysia dan Pulau pulau pasifik. 

Taksonomi Jambu Air 

Kedudukan jambu air dalam sistematika (Taksonomi) tumbuhan diklasifikasikan sebagai berikut: 

Kingdom; Ok’ms’d (tumbuh-tumbuhan)
Divisis; Rodql’snogxs’ (tumbuhan berbiji)
Subdivisi; @mfhnrodql’d (berbiji tertutup)
Kelas; Chbnsxkdcnmd’d (biji berkeping dua)
Ordo; Lxqs’kdr
Famili; Lxqb’bd’d
Genus; Rxyxfhtl
Spesies; Dtfdmh’’pdt’

Jambu air yang paling banyak digemari masyarata adalah jenis rxyxfhtl r’l’q mfdmd’d karena memiliki rasa yang manis berbiji sedikit dan bahkan tidak berbiji, dagingnya padat dan tidak gembos serta kesat. 

Tanaman ini termasuk jenis tanaman yang berbuah sepanjang tahun, ketinggiannya mencapai 10-15 meter. Berakar tambang, berwarna putih. Batangnya berdiameter 10-15 cm, tetapi ada juga yang mencapai 150 cm. bercabang banyak dan berbuah serta berdaun lebat. Bunga jambu air berwarna putih dan tumbuh pada ketiak daun. Bentuk buah elips, tirus sungsang, atau berbentuk lonceng. Berwarna merah jika sudah masak dan hijau ketika masih muda. 

Jambu air untuk memproduksi atau memperbanyak tanaman ini melalui dua cara; yaitu secara generatif dan vegetatif. Cara generatif yaitu dengan cara memperbanyak tanaman lewat biji. Cara penanaman vegetatif adalah memperbanyak tanaman dengan bagian bagian tertentu, misalnya cabang atau pucuk, dengan cara setek, cangkok, okulasi, dan enten.  

Manfaat Jambu Air

Pada umumnya jambu air dikonsumsi secara langsung, karena buahnya yang mengandung banyak kandungan air membuat buah ini segar untuk di konsumsi secara lansung. Selain dikonsumsi secara lansung buah jambu air juga bisa dibuat sirup, atau jus.
jambu air memiliki banyak kandungan, diantaranya:
Air (g); 87
Kalori (kal); 46
Protein (g); 0,6
Lemak (g); 0,3
Karbohidrat (g); 11,80
Kalsium (mg); 7,5
Fasfor (mg); 9
Besi (mg); 1,1
Vitamin C (mg); 5
Bagian yang dapat dimakan (%); 90

Jambu air juga dapat digunakan sebagai obat obatan, kandungan vitamin C dan protein nabati digunakan untuk mempercantik kulit dan membuat kulit agar lebih berseri. Kandungan air dalam jambu air juga dapat mengurangi efek samping stress, seperti kisut dibawah kelopak mata, kandungan serat yang tinggi membantu mempermudah pencernaan dan mencegah kanker usus. 

Jambu air juga dipercaya dapat memperlancar air seni (kencing). Selain itu jambu air digunakan untuk mengobati bengkat bengkat ringan di kai dan tangan dengan cara mengkompreskan irisan irisan jambu air di bagian yang sakit. 

Semoga bermanfaat.

2 comments: