Pages

Sunday, May 6, 2012

KELEBIHAN OBAT HERBAL

Obat herbal yang bersifat alami (berasal dari alam), terutama dari tumbu – tumbuhan yang diramu dengan cara – cara tertentu. Obat herbal memiiki kelebihan dibanding obat kimia diantaranya sebagai berikut;

1.     Tidak Memiliki Efek Samping
Obat herbal tidak memiliki efek samping jika digunakan pada dosis normal. Hal ini terjadi karena obat herbal tersusun dari bahan – bahan organic yang kompleks. Dengan kata lain, obat herbal dapat dianggap sebagai “makanan”, yang berarti bahan yang dapat dikonsumsi guna memperbaiki organ atau sistem tubuh yang rusak. 

Kelebihan obat herbal yang digunakan tentu menyebabkan efek samping seperti halnya kelebihan makanan. Oleh karena itu, dosis yang dianjurkan untuk penggunaan herbal adalah dosis tradisional dengan sedikit dikurangi. 

2.     Obat Herbal Seringkali Lebih Efektif
Obat herbal seringkali efektif bahan untuk penyakit – penyakit yang sulit diobati secara medis. Hal tersebut berdasarkan pengalaman turun menurun yang tertulis maupun lisan, dan kemudian dipelajari dari berbagai aspek seperti botani, kimia da farmakologi.

3.     Harga Lebih Murah
Alasan paing utama yang membuat obat herbal banyak digunakan orang adalah karena harganya yang relative lebih murah daripada obat kimia. Apabila jika bahan – bahan obat herbal dapat diperoleh dari kebun sendiri. Kebanyakan obat herbal memang mudah ditanam sendiri dan dapat diusahakan sebagai tanaman obat keluarga yang meliputi tanaman untuk pengobatan dan pemeliharaan kesehatan. 

4.     Aplikasinya Lebih Sederhana
Jika diaknosa sudah jelas maka pengobatan dengan obat herbal dapat dilakukan di rumah sendiri dengan bantuan keluarga yang lain. Oleh karena itu, bantuan dokter dibutuhkan untuk diagnosis yang benar berdasarkan data labolatorium. 

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalahtanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Kebun tanaman obat atau bahan obat dan selanjutnya dapat disalurkan kepada masyarakat, khususnya obat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Budidaya tanaman obat untuk keluarga (TOGA) dapat memacu usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal sekalipun dilakukan secara individual. Setiap keluarga dapat membudidayakan tanaman obat secara mandiri dan memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga. http://id.wikipedia.org/wiki/Tanaman_obat_keluarga

No comments:

Post a Comment